Tag

, , , , , , , ,

Kereta api mempunyai kelas-kelas atau tingkatan-tingkatan yang berbeda-beda perbedaan ini didasarkan pada fasilitas yang didapatkan oleh penumpang. Adapun tingkatannya adalah Argo, Ekesekutif, Bisnis, dan ekonomi.

Kita bahas yang pertama dulu yaitu kelas argo, kelas ini merupakan kelas tertinggi dan dapat dipastikan memiliki fasilitas yang yang lebih baik dibandingkan yang lain fasiltas nya antara lain kursi recleaning seat 2-2, lampu tidur (baca), Ac central, serta selimut serta beberapa diantaranya memiliki toilet yang ramah lingkungan (Argo anggrek dan argo Jati).

Gambar   Gambar

Kecepatan tempuh nya lebih baik dibandingkan kereta yang lain karena kereta Argo memiliki pemberhentian yang jauh lebih sedikit waktu dibandingkan yang lain. untuk harga sudah barang tentu bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan yang lain hampir menyamai tiket pesawat. Contoh dari kereta ini adalah kereta argo bromo anggrek relasi jakarta- surabaya, argo jati relasi jakarta-cirebon, argo wilis relasi bandung-surabaya dan lain-lain  

Berikutnya Kereta Eksekutif, Kelas eksekutif  memiliki fasilitas yang kurang lebih sama dengan kereta argo namun memiliki pemberhentian yang sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan kereta argo, sehingga dapat dipastikan memiliki waktu tempuh yang sedikit lebih lama. contoh kereta eksekutif satwa adalah kereta Bangunkarta (jakarta – jombang), Kereta Sembrani (Jakarta – Surabaya ) Kereta Turangga (Bandung – Surabaya),

Gambar

Kelas selanjutnya adalah kelas bisnis dimana kereta kelas ini memiliki fasilitas dibawah eksekutif dan argo, fasilitasnya berupa kursi yang empuk dan lebar dimana satu kursi untuk 2 orang, kipas angin dan mempunyai meja statis untuk menaruh tempat minum, bagasi terbuka, dan lampu ruangan biasa, untuk toilet nya menggunakan type biasa, yang langsung jatuh kebawah gerbong dan hanya bisa digunakan saat kereta berjalan. Memiliki pemberhentian yang  lebih banyak dibandingkan dengan kelas eksekutif dan argo sehingga berimplikasi dengan waktu

tempuhnya . Contoh kereta ini adalah kereta Fajar utama Semarang (Semarang – jakarta ), Fajar utama jogja (Jakarta – Jogja)   

  Gambar

yang terakhir yang merupakan kelas favorit ane adalah kelas ekonomi, kelas ini merupakan kelas yang paling rendah dibandingkan dengan kelas yang lainnya, kelas ekonomi ini kita bagi menjadi 2 yaitu ekonomi Ac dan Ekonomi non Ac. Ekonomi Ac Merupakan kelas ekonomi yang tidak disubsidi oleh negara oleh karena itu walaupun bertitel ekonomi kereta ini mempunyai harga yang cukup mahal, mempunyai fasilitas Ac central maupun split, kursi  tegak 2-2 berhadapan mempunyai papan penunjuk stasiun. Kereta ini merupakan hibah dari kementrian perhubungan makanya warna gerbong beda ma kereta ekonomi lainnya. contoh kereta ini adalah kereta api Gajah wong (jakarta – lempuyangan ) Bogowonto (Jakarta – lempuyangan), dan Menoreh (Jakarta – semarang). 

Gambar

lanjut kereta ekonomi non Ac kereta ini merupakan kereta api yang disubsidi oleh negara sehingga harga nya sangat pas buat masyarakat kelas bawah yang ingin bepergian jauh. Kereta ini memiliki fasilitas sebagai berikut, non ac, kursi 3-3 dan 2-2 berhadapan, kereta ini hampir berhenti di setiap stasiun dan harus mengalah jika ada kereta yang  diatas kelasnya melintas. Untuk waktu tempuh jelas lebih lama dibandingkan yang lain. 

Nah itu beberapa keas yang ada di kereta jadi tinggal  disesuaikan dengan kantong anda ya..selamat bepergian dengan kereta api..

About these ads