1. Penunjukkan Ignatius Jonan sebagai direktur PT KAI

Penunjukkan Ignatius Jonan mw tidak mw memang menjadi alasan utama PT kereta Api Indonesia menjadi semakin berkembang belakangan ini. Wajah Kereta api indonesia yang tadi nya kumuh, dan terkesan dipelihara seadanya hampir semua nya hilang. Di tangannya stasiun kembali nyaman, tidak ada lagi orang yang bisa sembarang masuk, semua nya harus bertiket.

Ignatius jonan sendiri bukan merupakan produk kementrian perhubungan atau muncul dari internal PT KAI sendiri, ketika ia ditunjuk menjadi Direktur PT KAI ia sedang menjabat sebagai Direktur sebuah bank ternama.

Ignatius Jonan ketika pertama kali ditunjuk sebagai direktur utama PT KAI bercita-cita ingin mewujudkan pelayanan Kereta Api Indonesia sekelas dengan industri penerbangan, jadi jangan heran kalau pelayanan stasiun sekarang berasa seperti bandara.

2. AC nisasi semua kelas kereta

AC hanya untuk kelas eksekutif?? hmm sekarang itu tidak berlaku lagi, hampir semua kelas sekarang dapat merasakan dinginnya AC dikereta mereka. Kebijakan ini dimulai dengan pembuatan kereta api  kelas ekonomi oleh PT INKA, dimana didalam nya terdapat mesin pendingin ruangan alias AC (kereta berwarna biru )  , kemudian berlanjut dengan Ac nisasi kelas ekonomi jarak jauh lainnya (berwarna orange ) dan sekarang akhirnya juga merambah ke kelas bisnis. Jadi dijamin penumpang tidak akan merasa kepanasan lagi ketika kereta api berangkat pada siang hari

3. Sterilisasi stasiun dan kereta api dari pedagang

Mungkin kebijakan ini merupakan kebijakan yang paling menyusahkan kalangan kecil, karena kalau biasanya mereka bisa seenaknya keluar masuk stasiun dan kereta , maka pada saat ini mereka dilarang masuknya ini dimaksudkan agar penumpang merasa aman dan nyaman berada di dalam nya. Selama ini memang penumpang banyak mengeluhkan tentang kenyamanan dan keamanan selama di stasiun, dengan banyak nya orang yang lalu lalang maka tingkat keamanan pun semakin menurun. Untuk pedagang sendiri tentu kebijakan ini merugikan mereka karena dapat dipastikan penghasilan mereka akan berkurang karena tidak diperbolehkan lagi berjualan diareal stasiun maupun kereta api.

4. Diberlakukan nya pembelian tiket Via  Online

beli tiket langsung diloket..? tampaknya sekarang itu tidak diperlukan lagi karena sistem online yang dipergunakan oleh PT KAI memungkinkan anda untuk memantau kesediaan tiket dan membeli langsung dari gadget anda. sehingga anda tidak perlu antri lama untuk mendapatkan kepastian pembelian tiket.

5.  Diberlakukan nya Boarding pass

Boarding Pass merupakan salah satu kebijakan yang dibuat PT KAI agar pelayanan kereta api setara dengan pelayanan udara. Kebijakan ini dimaksudkan agar penumpang tidak berlama-lama di dalam area stasiun sehingga keamanan dan kenyamanan area stasiun tetap terjaga. Sistem boarding pass ini juga akhirnya mengakibatkan pengantar tidak dapat mengantar sampai area peron seperti sebelumnya.

6. Diberlakukan pembelian tiket H-90

Pembelian Tiket H-90 semakin memudahkan pengguna kereta api dalam merencanakan perjalanan dengan menggunakan kereta api. akan tetapi sistem ini akan mengakibatkan habis nya tiket yang dijual pada saat peak season, seperti saat2 liburan, maupun perayaan hari besar keagamaan, kebijakan ini juga rentan terjadi perubahan tarif sewaktu-waktu jika ada perubahan dari PTKAI maupun dari pihak pemerintah (subsidi), seperti yang terjadi beberapa waktu yang lain.

7. Pembelian Tiket Via Mini market

Ini merupakan salah satu terobosan yang fenomenal dari PT KAI dimana kita dapat membeli tiket kereta api  di mini market terdekat contohnya alf* dan ind*. Hal ini semakin memudah kan pengguna untuk membeli tiket karena tidak perlu membeli di loket stasiun dan juga jika tidak ada akses internet di sekitar nya.

8. Jumlah tiket sesuai dengan jumlah tempat duduk

dahulu kereta ekonomi dikenal sebagai kereta yang sangat tidak manusiawi, jumlah penumpang yang tak terbatas, asal kereta masih belum berangkat, maka tiket pun masih dijual walaupun didalam kereta sebenarnya tempat duduk nya sudah habis. sehingga sering kita lihat ada penumpang di dalam WC, bordes, atau tempat2 lain yang bukan peruntukannya untuk penumpang bahkan seringkali kita dengar ada penumpang yang berdiri sepanjang perjalanan. Sekarang semua telah berubah, berkat kebijakan ini tidak ada lagi penumpang yang berdiri (tidak kebagian tempat duduk) semua dipastikan mendapatkan tempat duduk, kecuali KRD lokal dan Comutter Line tentu nya

9. Adanya tiket Promosi

ada beberapa promosi yang pernah di luncurkan PT KAI seperti

Beli 3 gratis 1

tiket promosi dalam rangka dalam ultah PT KAI

tiket lebaran 10 ribu

Program ini dimaksudkan agar makin banyak orang yang beralih menggunakan kereta api.